Bacaan Sujud tilawah dan Ayat-ayat Sajdah dalam Al Quran

Advertisement
Bacaan Sujud tilawah dan Ayat-ayat Sajdah dalam Al Quran - Tilawah berasal dari kata tala yaitu tilawatan artinya “Bacaan”. Jadi Sujud sajadah atau sujud tilawah adalah sujud yang dilakukan setelah membaca salah satu ayat-ayat sajadah dalam Al-Qur’an. Sujud tilawah dilakukan satu kali baik dalam shalat maupun luar shalat, hal ini jelaskan dalam Hadist bahwasannya Rasululloh SAW bersabda :
Dari Ibnu Umar ra. Berkata : “Sesungguhnya Nabi SAW pernah membaca Alqur’an di depan kami ketika beliau melalui (membaca) ayat sajadah beliau takbir, lalu sujud kamipun sujud pula bersama-sama beliau”. (HR. Turmudzi).
Sujud tilawah hukumnya sunah. hal ini berdasarkan pada keterangan berikut.”Wahai manusia, sesungguhnyakami pernah membaca ayat sajadah, maka barang siapa yang sujud tilawah, itu benar adanya, tetapi barang siapa yang tidak bersujud, maka tiada dosa baginya”.

Berikut ini Beberapa Bacaan Ayat-ayat Sajdah dalam Al Quran, diantaranya :

  1. Surah Al-A’Raaf (7) Ayat 206.
  2. Surah Ar-Ra’d (13) Ayat 15.
  3. Surah Al-Nahl (16) Ayat 50.
  4. Surah Al-Isra’ (17) Ayat 109.
  5. Surah Maryam (19) Ayat 58.
  6. Surah Al-Hajj (22) Ayat 18.
  7. Surah Al-Hajj (22) Ayat 77.
  8. Surah Al-Furqaan (25) Ayat 60.
  9. Surah An Naml (27) Ayat 26.
  10. Surah As-Sajdah (32) Ayat 15.
  11. Surah Shaad (38) Ayat 24.
  12. Surah Fushshilat (41) Ayat 38.
  13. Surah An-Najm (53) Ayat 62.
  14. Surah Al-Insyiqaq (84) Ayat 21.
  15. Surah Al-’Alaq (96) Ayat 19.
Cara Melakukan Sujud Tilawah

1. Sehabis membaca ayat sajadah posisi sebaiknya menghadap kiblat
2. Bertakbir sambil berniat dalam hati (niat sujud tilawah)
3. Bersujud satu kali sambil membaca bacan sujud tilawah

سَجَدَ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ خَلَقَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ، فَتَبَارَكَ اللهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِيْنَ

“Sajada wajhiya Lilladzi khalaqahu washawwarahu wasyaqqa sam’ahu wabasharahu buhaulihi waquwatihi fatabaara kallahu ahsanul khaliqiin”

Artinya :
“Wajahku bersujud kepada (Allah) Yang telah menciptakannya dan membuka pendengaran dan penglihatannya dengan daya dan kekuatan-Nya. Maha suci Allah sebaik-baik Pencipta.” (Doa ini berdasarkan Hadits riwayat Ahmad, Abdu Daud dan Tirmidzi).4. Bangun dari sujud (duduk diantara dua sujud) kemudian salam

Dan apabila sujud tilawah dilakukan dalam shalat maka cara melakukannya adalah : sehabis membaca surah yang didalamnya ayat sajadah (pada waktu berdiri dirakaat pertama atau kedua) langsung bertakbir untuk sujud dan sujudnya satu kali dan bacaan sujudnya, setelah itu, takbir lagi untuk bangun/berdiri lalau rukuk seperti biasa sampai shalat selesai.

Itulah beberapa Ayat-ayat Sajdah dan bacaan do’a yang disunnahkan ketika mendengar atau membaca ayat-ayat sajdah. Dan semestinya masih banyak lagi bacaan atau do’a yang disunnahkan untuk dibaca setiap kali membaca atau mendengar ayat-ayat tertentu, namun ketiga lafazh itulah yang paling sering dibaca oleh sebagian besar kaum muslim.
Advertisement
Bacaan Sujud tilawah dan Ayat-ayat Sajdah dalam Al Quran | Agnia Rahima | 5